Tips dan Trik Excel Yang Sering Digunakan
Berikut ini masih akan membahas tentang Tips dan
Trik Microsoft Excel yang sering dibutuhkan dalam pekerjaan sehari-hari, namun
terkadang ada di antara mereka tidak mengetahuinya. Untuk mengetahui dan
menggunakan tips dan trik ini sangatlah mudah, karena sebetulnya fitur-fitur
ini masih tergolong tips dan trik dasar Microsoft Excel.
Tips dan Trik Microsoft Excel ini bisa diterapkan di
semua versi Excel baik versi 2016, 2013, 2010 maupun 2007. Berikut ini adalah
beberapa Tips dan Trik yang akan kita bahas bersama. Untuk memudahkan anda
memilih Tips dan Trik yang anda butuhkan, silakan klik langsung sub judul yang
terdapat dalam Daftar Isi di bawah ini.
Sebelum kita membahas lebih lanjut, kamu juga bisa sambil mendengarkan musik atau lagu chord pingal ketika menyimak ulasan ini. Langsung saja yuk kita bahas.
Cara Menampilkan Banyak Workbook di Layar
Dalam keadaan dan situasi tertentu terkadang kita
ingin menampilkan beberapa file Excel atau Workbook tampil di layar secara
bersamaan. Dengan cara menampilkan beberapa workbook sekaligus di layar akan
mempercepat pekerjaan kita, dari pada harus buka yang satu kemudian tutup yang
lain.
Misalnya saja ketika anda harus meng-copy data dari
File Workbook1 dan Workbook2 ke file Workbook3, kalau di layar hanya
ditampilkan satu Workbook saja, maka hal ini akan merepotkan dan juga
membutuhkan waktu dan klik lebih banyak. Dengan menampilkan ketiga Workbook
secara bersamaan di layar, selain akan memudahkan juga lebih cepat.
Berikut langkah-langkah untuk menampilkan beberapa
workbook secara bersamaan di layar:
• Silakan buka dua atau tiga file Excel
• Klik
tab menu View, kemudian pada group Window klik
Arrange All
• Pada
jendela Arrange Windows yang muncul, klik salah satu pilihan misalnya Tiled
• Terakhir klik tombol OK
Maka di layar monitor akan tampil tiga file Workbook
secara bersamaan, seperti gambar di bawah ini:
Cara Mengunci Workbook Dengan Password
Jika file Woorkbook Excel anda tidak ingin dibuka
oleh orang lain, karena isinya sangat penting dan rahasia, langkah terbaik
untuk mengamankannya adalah dengan memberi proteksi pada file workbook tersebut
dengan password. Dengan demikian orang lain hanya dapat melihat nama filenya,
sedangkan isinya tidak akan pernah bisa dibuka dan dilihat.
Langkah-langkah cara memberi password pada file
Excel adalah sebagai berikut:
•
Silakan buka file workbook yang akan diberi password
• Pada
Excel 2016 dan 2013, klik tab menu File, kemudian klik Save As
• Pada
Excel 2010 dan 2007, klik icon Microsoft Office yang ada di pojok kiri atas,
kemudian klik Save As
•
Silakan pilih folder tempat penyimanan
• Pada
jendela dialog Save As yang muncul, klik tombol Tools yang ada di bawah di
samping tombol Save
Klik pada pilihan General Options
• Pada
kotak dialog General Options, pada bagian Password to open masukkan Password
yang diinginkan
Masukkan lagi password yang sama pada pada kotak
Password to modify
• Klik
tombol OK
• Muncul lagi jendela Confrim Password, silakan ketikan lagi password yang
sama persis, klik OK
• Muncul lagi jendela Confrim Password, silakan ketikan lagi password yang
sama persis, klik lagi OK
• Terakhir klik tombol Save
Cara membuka file workbook yang diberi password adalah sebagai berikut:
•
Silakan double klik pada nama file workbook yang telah diberi password
tersebut
• Maka
muncul jendela dialog Password
•
Silakan masukkan password yang telah anda buat tadi, lalu klik OK
• Muncul lagi jendela Confrim Password, silakan ketikkan lagi password
yang sama, kemudian klik tombol OK
Demikian tutorial tentang tips dan trik Microsoft
Excel yang paling sering digunakan, semoga tutorial ini ada manfaatnya.
Komentar
Posting Komentar