Tips dan Trik Excel Yang Sering Digunakan

 

Berikut ini masih akan membahas tentang Tips dan Trik Microsoft Excel yang sering dibutuhkan dalam pekerjaan sehari-hari, namun terkadang ada di antara mereka tidak mengetahuinya. Untuk mengetahui dan menggunakan tips dan trik ini sangatlah mudah, karena sebetulnya fitur-fitur ini masih tergolong tips dan trik dasar Microsoft Excel.

Tips dan Trik Microsoft Excel ini bisa diterapkan di semua versi Excel baik versi 2016, 2013, 2010 maupun 2007. Berikut ini adalah beberapa Tips dan Trik yang akan kita bahas bersama. Untuk memudahkan anda memilih Tips dan Trik yang anda butuhkan, silakan klik langsung sub judul yang terdapat dalam Daftar Isi di bawah ini.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, kamu juga bisa sambil mendengarkan musik atau lagu chord pingal ketika menyimak ulasan ini. Langsung saja yuk kita bahas.

Cara Menampilkan Banyak Workbook di Layar

Dalam keadaan dan situasi tertentu terkadang kita ingin menampilkan beberapa file Excel atau Workbook tampil di layar secara bersamaan. Dengan cara menampilkan beberapa workbook sekaligus di layar akan mempercepat pekerjaan kita, dari pada harus buka yang satu kemudian tutup yang lain.

Misalnya saja ketika anda harus meng-copy data dari File Workbook1 dan Workbook2 ke file Workbook3, kalau di layar hanya ditampilkan satu Workbook saja, maka hal ini akan merepotkan dan juga membutuhkan waktu dan klik lebih banyak. Dengan menampilkan ketiga Workbook secara bersamaan di layar, selain akan memudahkan juga lebih cepat.

Berikut langkah-langkah untuk menampilkan beberapa workbook secara bersamaan di layar:

       Silakan buka dua atau tiga file Excel

       Klik tab menu View, kemudian pada group Window klik  Arrange All

       Pada jendela Arrange Windows yang muncul, klik salah satu pilihan misalnya Tiled

      Terakhir klik tombol OK

Maka di layar monitor akan tampil tiga file Workbook secara bersamaan, seperti gambar di bawah ini:

Cara Mengunci Workbook Dengan Password

Jika file Woorkbook Excel anda tidak ingin dibuka oleh orang lain, karena isinya sangat penting dan rahasia, langkah terbaik untuk mengamankannya adalah dengan memberi proteksi pada file workbook tersebut dengan password. Dengan demikian orang lain hanya dapat melihat nama filenya, sedangkan isinya tidak akan pernah bisa dibuka dan dilihat.

Langkah-langkah cara memberi password pada file Excel adalah sebagai berikut:

        Silakan buka file workbook yang akan diberi password

        Pada Excel 2016 dan 2013, klik tab menu File, kemudian klik Save As

       Pada Excel 2010 dan 2007, klik icon Microsoft Office yang ada di pojok kiri atas, kemudian klik Save As

        Silakan pilih folder tempat penyimanan

        Pada jendela dialog Save As yang muncul, klik tombol Tools yang ada di bawah di samping tombol Save

Klik pada pilihan General Options

       Pada kotak dialog General Options, pada bagian Password to open masukkan Password yang diinginkan

Masukkan lagi password yang sama pada pada kotak Password to modify

        Klik tombol OK

     Muncul lagi jendela Confrim Password, silakan ketikan lagi password yang sama persis, klik OK

      Muncul lagi jendela Confrim Password, silakan ketikan lagi password yang sama persis, klik lagi OK

         Terakhir klik tombol Save

Cara membuka file workbook yang diberi password adalah sebagai berikut:

        Silakan double klik pada nama file workbook yang telah diberi password tersebut

        Maka muncul jendela dialog Password

        Silakan masukkan password yang telah anda buat tadi, lalu klik OK

      Muncul lagi jendela Confrim Password, silakan ketikkan lagi password yang sama, kemudian klik tombol OK

Demikian tutorial tentang tips dan trik Microsoft Excel yang paling sering digunakan, semoga tutorial ini ada manfaatnya.

Komentar

Postingan Populer