37 Trik Microsoft Excel Agar Makin Master
Gunakanlah trik Microsoft Excel berikut ini agar pekerjaan dan tugas-tugasmu bisa lebih cepat selesai dengan beberapa langkah saja. Penggunaan Microsoft Exel ini sangatlah penting, khususnya bagi kamu para pekerja di bidang pengolahan data dan ingin mengetahui cara cepat membuat lamaran kerja ke dalam satu file
Microsoft Office Excel merupakan program
aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft
Corporation yang bisa dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi
ini merupakan bagian dari Microsoft Office System.
Kendati demikian, masih banyak yang merasa
bingung dalam pengoperasian program Microsoft Excel. Nah, disini kita akan
memberikan beberapa Trik Microsoft Excel yang bisa kamu gunakan agar lebih jago
dalam mengoperasikan program Microsoft Excel:
1. Alt+Panah bawah
Membuka dialog Menu Filter Otomatis
2. Ctrl+A
Memilih seluruh tabel
3. Ctrl+C
Menyalin data yang dipilih
4. Ctrl+D
Menghapus tabel
5. CTRL+F
Dengan menekan tombol CTRL+F kamu bisa
melakukan pencarian. Fungsi ini sangat berguna jika kamu sudah memiliki data
tertimbun sehingga kamu bisa menemukan data yang kamu cari secara cepat.
6. Ctrl+M
Memindahkan tabel
7. Ctrl+R
Mengubah nama tabel
8. Ctrl+S
Menyimpan file, hal ini sangat berguna agar kamu tidak perlu lagi mengembalikan file yang terhapus permanen.
9. Ctrl+Y
Mengulangi tindakan terakhir
10. Ctrl+Z
Membatalkan tindakan terakhir
11. Ctrl+Spacebar
Memilih kolom saat ini
12. Ctrl + TAB
Cara mudah meloncat dari satu file ke file
lain yang sama-sama dibuka dalam jendela Microsoft Excel adalah dengan menekan
tombol Ctrl+TAB
13. Ctrl+Page Up
Beralih ke tabel sebelumnya.
14. Ctrl+Page Down
Beralih ke tabel berikutnya
15. Ctrl+Home
Beralih ke sel pertama di sudut kiri atas
tabel yang dipilih
16. Ctrl+End
Beralih ke sel terakhir di sudut kanan
bawah tabel yang dipilih (baris terakhir dari Tambah Kolom)
17. Ctrl+Panah kiri
Beralih ke sel pertama pada baris yang
dipilih
18. Ctrl+Panah kanan
Beralih ke sel terakhir pada baris yang
dipilih
19. Ctrl+Panah atas
Beralih ke sel pertama pada kolom yang
dipilih
20. Ctrl+Panah bawah
Beralih ke sel terakhir pada kolom yang
dipilih
21. Ctrl+Esc
Menutup dialog atau membatalkan proses
22. Drag-klik+Enter
Apabila kamu punya banyak file Microsoft
Excel yang ingin kamu buka, maka pilih semua file dengan cara Drag-klik pada
area file yang diinginkan setelah itu tinggal tekan ENTER
23. F5
Membuka dialog
24. F9
Menghitung ulang semua rumus di jendela
Power Pivot
25. Klik kanan
Membuka menu konteks untuk sel, kolom, atau
baris yang dipilih
26. Shift+Spacebar
Memilih baris saat ini
27. Shift+Page Up
Memilih seluruh sel dari lokasi saat ini ke
sel terakhir pada kolom
28. Shift+Page Down
Memilih seluruh sel dari lokasi saat ini ke
sel pertama pada kolom
29. Shift+End
Memilih seluruh sel dari lokasi saat ini ke
sel terakhir pada baris
30. Shift+Home
Memilih seluruh sel dari lokasi saat ini ke
sel pertama pada baris
31. Membuat shortcut di batang jendela bagian atas
Membuat shortcut di batang menu tampilan
sangat berguna agar tombol-tombol yang sering kamu gunakan lebih mudah diakses.
Cara membuat shortcut nya yaitu : Klik FILE > OPTION > QUICK ACCES
TOOLBAR
32. Membuat garis diagonal dalam tabel
Kamu membutuhkan garis pembatas diagonal
dalam tabel saat mengolah data tertentu? Kamu bisa Membuat garis diagonal dalam
tabel dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini: HOME > FONT >
BORDERS lalu klik simbol dalam kotak merah
33. Membuat baris dan kolom tambahan di tengah-tengah tabel
Kamu bisa Membuat baris dan kolom tambahan
di tengah-tengah tabel dengan cara yang mudah. Klik kanan kolom dan baris mana
yang akan kamu sisipkan. Lalu klik menu INSERT > masukkan jumlah kolom dan
baris yang kamu butuhkan.
34. Memindahkan data
Cara paling mudah untuk memindahkan data
dalam tabel Microsoft Excel dengan langkah sebagai berikut : block data yang
akan dipindah, lalu arahkan pointer ke tepian tabel yang diblok sampai muncul
tanda 4 mata arah, kemudian drag-klik ke arah mana yang ingin kamu pindahkan
35. Menghapus tabel kosong
Saat di dalam tabel kamu ada kolom atau
baris yang kosong, kamu bisa menghilangkan tampilan kosong-kosong tersebut
dengan cara: pilih kolom atau baris yang hendak kamu hilangkan tampilan
kosongnya.
Klik menu DATA > FILTER sampai muncul
tampilan gambar, centang BLANK > OK untuk memunculkan semua tampilan kosong
di kolom atau baris yang kamu pilih. Selanjutnya untuk menghapus, pilih menu
HOME > DELETE
36. Mencari data yang masih samar
Kamu perlu menambah simbol (~) di kolom
pencarian Find and Replace atau CTRL + F untuk mencari data-data yang
spesifikasinya masih samar
37. Menyaring data
Untuk menyaring batasan spesifik dari data
acak yang ada di kolom atau baris yang kamu inginkan adalah dengan cara sebagai
berikut. Klik menu DATA > DATA VALIDATION > SETTING, lalu masukkan
batasan spesifik yang kamu inginkan lalu tekan OK.
Itulah Trik Microsoft Excel yang bisa kamu lakukan untuk mempermudah pekerjaanmu. Nah, sekarang kamu sudah bisa kan menggunakan Microsoft Excel secara cepat? selagi kamu mempelajari tentang trik ini ada baiknya sambil bermain game ular tangga online agar menghilangkan rasa bosanmu dan jangan lupa ya ajari juga teman ataupun kerabat mu agar mereka mengetahuinya juga. Selamat mencoba!
Komentar
Posting Komentar