37 Trik Microsoft Excel Agar Makin Master

 

Gunakanlah trik Microsoft Excel berikut ini agar pekerjaan dan tugas-tugasmu bisa lebih cepat selesai dengan beberapa langkah saja. Penggunaan Microsoft Exel ini sangatlah penting, khususnya bagi kamu para pekerja di bidang pengolahan data dan ingin mengetahui cara cepat membuat lamaran kerja ke dalam satu file

Microsoft Office Excel merupakan program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang bisa dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System.

Kendati demikian, masih banyak yang merasa bingung dalam pengoperasian program Microsoft Excel. Nah, disini kita akan memberikan beberapa Trik Microsoft Excel yang bisa kamu gunakan agar lebih jago dalam mengoperasikan program Microsoft Excel:

1. Alt+Panah bawah

Membuka dialog Menu Filter Otomatis

2. Ctrl+A

Memilih seluruh tabel

3. Ctrl+C

Menyalin data yang dipilih

4. Ctrl+D

Menghapus tabel

5. CTRL+F

Dengan menekan tombol CTRL+F kamu bisa melakukan pencarian. Fungsi ini sangat berguna jika kamu sudah memiliki data tertimbun sehingga kamu bisa menemukan data yang kamu cari secara cepat.

6. Ctrl+M

Memindahkan tabel

7. Ctrl+R

Mengubah nama tabel

8. Ctrl+S

Menyimpan file, hal ini sangat berguna agar kamu tidak perlu lagi mengembalikan file yang terhapus permanen.

9. Ctrl+Y

Mengulangi tindakan terakhir

10. Ctrl+Z

Membatalkan tindakan terakhir

11. Ctrl+Spacebar

Memilih kolom saat ini

12. Ctrl + TAB

Cara mudah meloncat dari satu file ke file lain yang sama-sama dibuka dalam jendela Microsoft Excel adalah dengan menekan tombol Ctrl+TAB

13. Ctrl+Page Up

Beralih ke tabel sebelumnya.

14. Ctrl+Page Down

Beralih ke tabel berikutnya

15. Ctrl+Home

Beralih ke sel pertama di sudut kiri atas tabel yang dipilih

16. Ctrl+End

Beralih ke sel terakhir di sudut kanan bawah tabel yang dipilih (baris terakhir dari Tambah Kolom)

17. Ctrl+Panah kiri

Beralih ke sel pertama pada baris yang dipilih

18. Ctrl+Panah kanan

Beralih ke sel terakhir pada baris yang dipilih

19. Ctrl+Panah atas

Beralih ke sel pertama pada kolom yang dipilih

20. Ctrl+Panah bawah

Beralih ke sel terakhir pada kolom yang dipilih

21. Ctrl+Esc

Menutup dialog atau membatalkan proses

22. Drag-klik+Enter

Apabila kamu punya banyak file Microsoft Excel yang ingin kamu buka, maka pilih semua file dengan cara Drag-klik pada area file yang diinginkan setelah itu tinggal tekan ENTER

23. F5

Membuka dialog

24. F9

Menghitung ulang semua rumus di jendela Power Pivot

25. Klik kanan

Membuka menu konteks untuk sel, kolom, atau baris yang dipilih

26. Shift+Spacebar

Memilih baris saat ini

27. Shift+Page Up

Memilih seluruh sel dari lokasi saat ini ke sel terakhir pada kolom

28. Shift+Page Down

Memilih seluruh sel dari lokasi saat ini ke sel pertama pada kolom

29. Shift+End

Memilih seluruh sel dari lokasi saat ini ke sel terakhir pada baris

30. Shift+Home

Memilih seluruh sel dari lokasi saat ini ke sel pertama pada baris

31. Membuat shortcut di batang jendela bagian atas

Membuat shortcut di batang menu tampilan sangat berguna agar tombol-tombol yang sering kamu gunakan lebih mudah diakses. Cara membuat shortcut nya yaitu : Klik FILE > OPTION > QUICK ACCES TOOLBAR

32. Membuat garis diagonal dalam tabel

Kamu membutuhkan garis pembatas diagonal dalam tabel saat mengolah data tertentu? Kamu bisa Membuat garis diagonal dalam tabel dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini: HOME > FONT > BORDERS lalu klik simbol dalam kotak merah

33. Membuat baris dan kolom tambahan di tengah-tengah tabel

Kamu bisa Membuat baris dan kolom tambahan di tengah-tengah tabel dengan cara yang mudah. Klik kanan kolom dan baris mana yang akan kamu sisipkan. Lalu klik menu INSERT > masukkan jumlah kolom dan baris yang kamu butuhkan.

34. Memindahkan data

Cara paling mudah untuk memindahkan data dalam tabel Microsoft Excel dengan langkah sebagai berikut : block data yang akan dipindah, lalu arahkan pointer ke tepian tabel yang diblok sampai muncul tanda 4 mata arah, kemudian drag-klik ke arah mana yang ingin kamu pindahkan

35. Menghapus tabel kosong

Saat di dalam tabel kamu ada kolom atau baris yang kosong, kamu bisa menghilangkan tampilan kosong-kosong tersebut dengan cara: pilih kolom atau baris yang hendak kamu hilangkan tampilan kosongnya.

Klik menu DATA > FILTER sampai muncul tampilan gambar, centang BLANK > OK untuk memunculkan semua tampilan kosong di kolom atau baris yang kamu pilih. Selanjutnya untuk menghapus, pilih menu HOME > DELETE

36. Mencari data yang masih samar

Kamu perlu menambah simbol (~) di kolom pencarian Find and Replace atau CTRL + F untuk mencari data-data yang spesifikasinya masih samar

37. Menyaring data

Untuk menyaring batasan spesifik dari data acak yang ada di kolom atau baris yang kamu inginkan adalah dengan cara sebagai berikut. Klik menu DATA > DATA VALIDATION > SETTING, lalu masukkan batasan spesifik yang kamu inginkan lalu tekan OK.

Itulah Trik Microsoft Excel yang bisa kamu lakukan untuk mempermudah pekerjaanmu. Nah, sekarang kamu sudah bisa kan menggunakan Microsoft Excel secara cepat? selagi kamu mempelajari tentang trik ini ada baiknya sambil bermain game ular tangga online agar menghilangkan rasa bosanmu dan jangan lupa ya ajari juga teman ataupun kerabat mu agar mereka mengetahuinya juga. Selamat mencoba!

Komentar

Postingan Populer